Indonesia Paling Rentan terhadap Perubahan Iklim

31 May 2009 at 3:04 pm (Global Warming) ()


JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah lembaga riset di Singapura tiga pekan lalu menyatakan bahwa Indonesia menjadi negara paling rentan terhadap perubahan iklim di Asia Tenggara. Sedangkan ibu kota Jakarta menjadi kota besar yang paling rentan.
Hal itu diungkapkan Arif Fiyanto, Juru Kampanye Bidang Iklim dan Energi Greenpeace, saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (26/5).
“Saat ini dampak perubahan iklim itu sudah terjadi,” kata Arif.
Menurut Arif, hasil penelitian tersebut mengancam kota-kota besar di Indonesia yang 60 persennya berada di pesisir. “Yang paling terancam Terhadap perubahan iklim ini adalah masyarakat kecil dan miskin,” ungkap Arif.
Yang dimaksudnya adalah lapisan masyarakat nelayan dan para petani. Menurut Arif, akibat meningkatnya suhu di permukaan bumi, para nelayan semakin sulit mendapatkan ikan.
“Panas tinggi membuat terumbu karang yang menjadi ekosistem ikan rusak, akibatnya pertembuhan ikan terhambat,” tutur Arif.
Sedangkan masyarakat petani kerap mengalami gagal panen karena lahan kering. Kegagalan juga disebabkan oleh kebanjiran. “Ini akibat perubahan iklim,” katanya.
Kalau bicara dalam konteks yang lebih luas terkait dampak perubahan iklim di Indonesia, tambah Arif, sepanjang tahun 2008 tidak ada bulan yang lepas dari bencana. Hal lain yang muncul adalah meningkatnya penyakit-penyakit tropis, seperti malaria dan demam berdarah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: