Modul PRA

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

PETA & PEMETAAN

 

 

Peta adalah proyeksi vertikal (dari atas kebawah) dari suatu wilayah dengan skala tertentu Merupakan alat untuk memperlihatkan gambaran keadaan biofisik dan karakteristik suatu wilayah secara menyeluruh.
  • * Memberikan gambaran yang jelas mengenai tata guna lahan, fasilitas umum seperti jalan, sekolah, pasar, sungai, tempat ibadah dll, yang ada di desa

 

  • * Alat yang berguna untuk perencanaan, data dasar, monitoring, evaluasi dan penyuluhan.

 

  • * Peta yang spesifik akan memberikan gambaran suatu topografi, kondisi fisik, jenis tanah, iklim, penyebaran penduduk, vegetasi dan kerawanan wilayah.

 

  • * Dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya kawasan hutan, kawasan konservasi, konservasi tanah, tata air dan hubungan perubahan tata guna lahan dari waktu kewaktu
Gambaran umum suatu wilayah, tataguna lahan, status kepemilikan, lahan, penyebaran penduduk dan aktifitas penduduk dengan hutan untuk memenuhi kebutuhan kehidupannya sehari-hari.Jenis informasi yang dikumpulkan :

  • * Letak jalan, sungai serta sarna transportasi.
  • * Fasilitas yang ada di desa seperti kantor desa, sekolah, tempat ibadah, Puskesmas dll.
  • * Tata guna lahan : pemukiman, sawah, kebun, hutan, peternakan dll.
  • * Aktifitas masyarakat : lokasi MCK, pengambilan kayu bakar, lokasi tambang, rotan, bambu dll.
  • * Informasi tentang adanya perubahan tata guna lahan yang terjadi di desa.
  • 1. dapat dilakukan dengan pemetaan di atas tanah, dikertas, dengan maket/model

 

  • 2. jelaskan tujuan dan proses pemetaan.

 

  • 3. persiapkan tempat yang cukup luas, datar, tidak berbatu, cukup teduh dan mudah didatangi masyarakat. Untuk pemetaan diatas kertas, pilih tempat yang cukup luas, misalnya ruang kelas, balai desa dll.

Sertakan masyarakat  dalam memilih lokasi

 

  • 4. untuk pemetaan ditanah : menggunakan material setempat misalnya : batu-batuan, ranting, tali, daun dll.

Untuk pemetaan diatas kertas siapkan kertas yang lebar, pensil berwarna, spidol

Untuk maket disiapkan model untuk rumah dari kertas, tiang listrik dari lidi dll.

 

  • 5. mulailah dengan membentuk suatu tanda yang menunjukkan suatu tempat yang mudah dikenal seperti jalan, pasar dll.

 

  • 6. mintalah masyarakat melengkapi dengan berpatokan pada tanda yang telah dibuat sebelumnya. Jika masyarakat menggunakan simbol-simbol tertentu, catatlah arti simbol-simbol tersebut. Tetaplah memfasilitasi masyarakat sampai informasi-informasi yang diperlukan terkumpul. Catatlah masalah-masalah yang muncul dalam diskusi dan harapan-harapan dari masyarakat
  • 1. salah seorang fasilitator harus ada yang bertugas untuk mencatat hal-hal/problem yang ada dimasyarakat yang muncul dalam diskusi

 

  • 2. dalam pemetaan di atas tanah gunakan simbol-simbol dari bahan yang mudah diperoleh disekitar pemetaan. Setelah selesai menggambar di atas tanah, segera di salin untuk bahan diskusi selanjutnya.

 

  • 3. usahakan semua peserta aktif dalam memberikan masukan dalam pemetaan.

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

PENELUSURAN LOKASI (TRANSEK)

Transek adalah penampang melintang dari suatu wilayah atau proyeksi horizontal atau pandangan samping atau dari depan suatu lokasi Pengumpulan informasi melalui pengamatan langsung ke lapangan dengan cara berjalan menyelusuri wilayah desa mengikuti suatu lintasan tertentu yang dipilih dan mewakili gambaran wilayah studi dan lokasi tersebut. Transek menggunakan skala vertikal maupun horizontal
  • o Dengan pengamatan secara langsung dilapangan dapat diperoleh data primer dari lapangan

 

  • o Untuk menggali informasi yang lebih rinci dan menajamkan informasi yang didapat sebelumnya tentang potensi desa. Juga digunakan untuk tujuan-tujuan khusus dengan topik-topik tertentu misalnya untuk mengamati kondisi wilayah seperti topografi, vegetasi, pemilikan lahan, tata guna lahan, permasalahan dll.
  • o Disesuaikan dengan tujuan pengamatan/penggalian informasi. Umumnya teknik ini berhubungan dengan sejarah perkembangan tata guna lahan, vegetasi, keutuhan hutan (gangguan hutan), hubungan interaksi antar penguasaan kawasan.
  • o Informasi yang akan digambar dalam transek sumber daya adalah :

Kondisi biofisik lingkungan vegetasi, kemiringan lahan, jenis tanah, kesuburan, satwa yang ada dll. Bila transek dibuat dikawasan hutan dapat dikumpulkan informasi tingkat gangguan hutan (lokasi pengambilan kayu, kayu bakar, rotan, lokasi rawan kebakaran, ganggguan satwa dll)

  • 1. penentuan personal tim dan pemandu dari masyarakat yang ikut kegiatan (sesuaikan dengan topik yang akan digali)

 

  • 2. membagi pekerjaan dari tugas pengamatan diantara tim sesuai kemampuan/profesi masing-masing.

 

  • 3. menyesuaikan titik awal (start) dan jalur yang di pilih. Memulai perjalanan dan bila menjumpai keadaan lingkungan/warga masyarakat, berhenti untuk bertanya dan berdiskusi.

 

  • 4. semua hasil catatan dan diskusi di kumpulkan kemudian dirangkum dan digambar dengan menggunakan skala jarak datar dan skala jarak vertikal

 

  • 5. menyepakati lambang atau simbol yang akan digunakan untuk menggambar transek. Hasil gambar transek tersebut digunakan untuk mendiskusikan permasalahan, potensi serta harapan bersama masyarakat.
Sepanjang perjalanan route transek diusahakan agar data dan informasi tercatat, teliti dalam mengamati lingkungan, sediakan waktu yang cukup untuk diskusi. Selain itu peserta harus mempersiapkan diri, waktu cuaca juga perlu di pertimbangkan.

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

SKETSA POLA USAHA TANI

Suatu pemetaansecara kasar dari suatu lokasi pemanfaatan lahan yang dimiliki oleh seorang petani di desa studi.
  • o Untuk mendapatkan gambaran yang lebih rinci mengenai pola usaha tani di wilayah berbeda (dekat jalan dan dekat hutan)

 

  • o Sebagai bahan untuk diskusi dan tukar menukar pengalaman dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya keberhasilan pola usaha tani

 

  • o Membantu proses perencanaan pengembangan pola usaha tani.
Informasi tentang hubungan luas pemilikan lahan dan jenis tanaman yang di usahakan, jenis tanaman dan teknologi yang digunakan, jarak lokasi usaha dan sebaran lokasi, informasi tentang sarana atau fasilitas pola usaha tani (irigasi, pemasaran, kemudahan memperoleh bibit dan sarana produksi lainnya), maslah-masalah yang dihadapi dalam usaha tani
  • 1. dipilih lokasi yang dimiliki oleh petani yang relatif kaya dan kondisi kebunnya baik dan strategis dan lainnya mewakili lokasi parah dan sulit dijangkau. Lokasi yang dipilih sebaiknya yang dilewati jalur transek.

 

  • 2. mendiskusikan dan menggambar hasil pengamatan secara rinci (letak rumah, kandang, tanaman dll). Dalam diskusi dengan pemilik rumah/kebun perlu mendapat informasi mengenai alasan pemilihan jenis tenaman, musim tanam, panen, analisa biaya, pemasaran, masalah yang dihadapi, serta upaya pengembang tanaman ybs.
Gambar dua atau lebih kondisi kebun/rumah yang mewakili sebagian besar kondisi kebun didesa tersebut, untuk dijadikan pembanding dan alat untuk motivasi

 

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

SEJARAH DESA Pengertian sejarah disini bukan sejarah formal namun hanya keterangan dan informasi yang dikumpulkan lewat ingatan masyarakat desa studi. Informasi ini sangat penting untuk melihat usaha pengembangan masyarakat serta untuk melihat latar belakang kehidupan masyarakat desa tertentu, dan arah pengembangannya.Teknik ini khusus dirancang untuk mengmpulkan informasi apa yang terjadi pada masyarakat pada lokasi tertentu.Masyarakat diharapkan dapat memaparkan kembali kejadian-kejadian penting yang pernah mereka alami dimasa lampau. Peristiwa-peristiwa tersebut disusun secara berurutan waktunya (kronologis) Untuk mengetahui hal-hal penting yang telah terjadi pada masyarakat di waktu yang telah lalu, dan diharapkan kita dapat memanfaatkan pengalaman dari sejarah tersebut, jangan sampai mengulang kesalahan yang sama di masa mendatang. Dengan adanya profil sejarah dapat dipahami latar belakan kondisi masyarakat saat ini, serta dapat mengetahui perubahan disuatu lokasi, bagaimana masyarakat memecahkan masalah, perkembangan teknologi pertanian, dll Teknik ini dapat digunakan untuk mengumpulkan inforamasi umum masyarakat desa dari waktu kewaktu. Informasi itu antara lain:Kesadaran dan pengelolaaan SDA, pembangunan saran dan prasarana umum, pengenalan jenis tanaman baru, pengenalan teknologi baru, perubahan status pemilikan, sejarah organisasi desa, sejarah tetrbentuknya desa atau pemukiman, perkembangan jumlah penduduk dan asal penduduk setempat, perkembangan hutan dan hasil hutan dll.
  • 1. jelaskan proses dan tujuan kegiatan, berilah contoh sederhana

 

  • 2. mintalah masyarakat untuk membentuk kelompok diskusi, dan persiapkan alat-alat diskusi seperti kertas, alat tulis dll

 

  • 3. mualailah diskusi dengan mengutarakan pertanyaan-pertanyaan ringan, misalnya tentang kejadian yang belum lama terjadi, kemudian kembangkan diskusi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang lebih terarah.

 

  • 4. dari berbagai peristiwa yang dikemukakan peserta, pilih beberapa topik atau peristiwa yang dianggap penting kemudian didikusikan secara lebih mendalam, mintalah tanggapan peserta mengenai peristiwa-peristiwa tersebut (terutama peristiwa yang sering terulang). Catatlah masalah-masalah dan upaya masyarakat dalam menanggulangi masalah tersebut.

 

  • 5. susunlah peristiwa-peristiwa tersebut secara berurutan (kronologis) waktunya
Penggalian informasi tidak harus berurutan waktunya. Dapat saja informasi tentang suatu kejadian/peristiwa melompat-lompat, asal penggalian informasi tidak bercampur baur. Dalam teknik ini usahakan orang-orang tua lebih banyak dihadirkan

 

   

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

KALENDER MUSIM

Merupakan salah satu teknik yang dapat digunakan untuk mengkaji kegiatan kehidupan masyarakat desa dan keadaan yang terjadi secara berulang dalam satu kurun waktu tertentu (musiman) Kalender musim sangat bermanfaat untuk menganalisa hubungan kegiatan masyarakat dengan alam dari waktu kewaktu selama satu tahun Untuk mengetahui pola kehidupan masyarakat dan kegiatannya, permasalahannya serta hal-hal yang penting yang biasanya berulang dalam satu kurun waktu satu tahun atau siklus tahunan. Untuk mengetahui pola pemanfaatan  waktu oleh masyarakat, juga dapat mengetahui kapan hutan rawan kebakaran, kapan masyarakat sangat tergantung pada komoditi hutan tertentu. Informasi kalender musim ini dapat digunakan sebagai bahan masukan dalam penyusunan perencanaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat pedesaan. Teknik ini dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi yang terfokus pada kegiatan tertentu. Adapun informasi yang dapat di kumpulkan antara lain : pola iklim, pola tanam, biaya usaha tani, tingkat produksi, masalah hama/penyakit tanaman, keterssediaan tenaga kerja, kegiatan sosial, kerawanan kawasan hutan, produksi hasil hutan tertentu dll.
  • 1. jelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini. Berikan contoh misalnyua tentang curah hujan

 

  • 2. diskusikan dengan masyarakat tentang topik-topik yang akan dibahas.
  • 3. diskusikan tentang kesepakatan titik awal tertentu (misalnya Januari) untuk kemudian mendiskusikan tentang topik-topik yang telah disepakati tadi oleh bulan-bulan lainnya

 

  • 4. jelaskan cara penyajiannya. Buatlah simbol-simbol dan keterangan yang diperlukan

 

 

Bila topik yang dibahas cukup banyak maka peserta dapat dibagi menjadi beberapa kelompok dan masing-masing kelompok membahas topik yang berbeda

 

 

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

KECENDERUNGAN PERUBAHAN

Masyarakat dan kondisi wilayah pedesaan akan selalu berubah.peru bahan tersebut berasal dari dalam desa itu sendiri  dan dari luar desa. Perubahan dari luar desa semakin besar karena semakin lancarnya arus komunikasi dan transportasi. Teknik ini sering digunakan untuk menggali informasi mengenai perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan lingkungannya, terutama yang menyangkut kegiatan-kegiatan pengelolaan sumber daya alam. 

Teknik ini juga di pakai untuk bersama dengan masyarakat memahami kecenderungan yang terjadi dan memperkirakan hasil atau akibatnya di kemudian hari

Memberikan gambaran yang jelas mengenai kecenderungan dari perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat dan kondisi sumber daya alam dari waktu kewaktu. Memperkirakan keadaan yang mungkin terjadi di masa-masa mendatang akibat adanya perubahan-perubahan tersebut Memberikan masukan kepada perencana/pelaksana  program untuk menentukan kegiatan-kegiatan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada dan  yang sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.

 

Sangat membantu untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap hal-hal yang terjadi di sekeliling selama ini, dan menemukan cara-cara untuk mencegah akibat adanya perubahan yang buruk.

Jenis-jenis informasi pengelolaan sumber daya alam yang sering dikumpulkan melalui teknik ini, antara lain :

  • o perubahan dalam pemanfaatan sumber daya alam, seperti tempat-tempat untuk mengambil hasil hutan, pemukiman, beternak dll
  • o perubahan-perubahan dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat, misalnya jumlah dan penyebaran penduduk , tingkat kesejahteraan masyarakat dll.
  • o Letak-letak dan kondisi sumber daya, misalnya mata air, aliran sungai, kawasan hutan.
  • o Kondisi keanekaragaman hayati
  • 1. jelaskan kepada peserta diskusi mengenai tujuan , manfaat dan hasil yang diharapkan dari penerapan tekni ini
  • 2. siapkan bahan dan alat-alat tulis, bahan-bahan lainnya yang tersedia di masyarakat yang dapat dijadikan simbol-simbol.

 

  • 3. tentukan tugas setiap anggota tim selama pelaksanaan dan sepakati rentang waktu yang akan di bahas, tentukan awal waktunya

 

  • 4. tentukan simbol kuantitas (banyak sekali, banyak, sedikit, sedikit sekali) selain topik dari waktu ke waktu

 

  • 5. kembangkan setiap topik masalah bersama masyarakat dalam suatu diskusi dan analisa

 

  • 6. catat seluruh proses dan hasilnya, tampilkan kembali kepada masyarakat oleh salah seorang anggota masyarakat untuk menjelaskan kembali

 

Penulisan hasil dapat menggunakan tabel atau gambar sederhana yang dapat dimengerti bersama

 

 

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

HUBUNGAN KELEMBAGAAN

Informasi mengenai semua lembaga yang berhubungan dengan masyarakat desa, baik yang berada di luar maupun di dalam desa tersebut (misalnya Puskesmas dll) Untuk mengetahui lebih jauh tentang keberadaan dan peranan berbagai lembaga terhadap kehidupan masyarakat di desa. Selain itu, untuk memhami kegiatan-kegiatan berbagai lembaga tersebut, serta hubungan yag terjadi antar lembaga menurut masyarakat desa. Manfaat atau peranan lembaga-lembaga yang ada tehadap kehidupan di desa, masalah-masalah yang muncul selama ini, pengalaman masyarakat dalam menangani masalah tersebut, serta harapan-harapan yang dikemukakan. Selain itu keterangan mengenai keterkaitan antar lembaga, bukan saja untuk lembaga yang sedang bekerja tetapi juga yang pernah ada atau yanmg akan bekerja di desa tersebut
  • 1. persiapkan alat tulis, seperti kertas yang lebar, lingkaran dan karton manila dengan ukuran yang berbeda, lem/selotip, spidol

 

  • 2. jelaskan maksud dan tujuan serta proses kegiatan

 

  • 3. fasilitasi masyarakat untuk mendiskusikan tentang lembaga-lembaga yang pernah datang ke desa dan atau ada di desa

 

  • 4. tempelkan lingkaran yang berukuran di tengah kertas dasar, jelaskan bahwa lingkaran tersebut beridentitas masyarakat desa

 

  • 5. jelaskan arti besar kecilnya lingkaran. Ajak peserta untuk menilai lembaga-lembaga yang telah diinventarisir (semakin besar lingkaran, semakin besar manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, dan sebaliknya)

 

  • 6. jelaskan arti jauh dekatnya lingkaran yang sudah dinilai manfaatnya dari lingkaran masyarakat desa. ajak masyarakat menilai hubungan jauh dekatnya lembaga tersebut dari masyarakat (semakin jauh letak lingkaran lembaga tersebut dari lingkaran masyarakat desa berarti semakin jauh/renggang hubungan lembaga tersebut dari masyarakat)

 

  • 7. tempelkan lingkaran lembaga kalau sudah di sepakati tentang hubungannya

 

  • 8. catat alasan yang di ungkapkan masyarakat , masalah dan harapan masyrakat yang berkaitan dengan lembaga tersebut
Biasanya masyarakat sungkan menilai lembaga-lembaga yang ada di desa, bila staff yang bersangkutan ikut hadir dalam diskusi. Upayakan agar kondisi yang sebenarnya muncul dalam diskusi.

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

MATRIX RANKING (Pengurutan dengan Matrix/analisa pilihan)

Teknik ini di gunakan untuk  membantu proses pengambilan keputusan tentang pilihan dan tingkah laku penduduk desa terhadap suatu topik (misalnya : memilih jenis tanaman, teknologi, sumber pendapatan, prioritas permasalahan dll) Untuk membantu masyarakat dalam mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan, pengalaman dan pendapat masyarakat yang bersangkutan. Dengan demikian, keputusan yang diambil akan lebih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat. Pilihan jenis tanaman, pilihan teknologi pertanian, sumber pendapatan, sarana dan prasarana yang perlu segera di bangun, prioritas permasalahan, pilihan kegiatan untuk mengatasi permasalahan dll.
  • 1. jelaskan mengenai tujuan, manfaat, dan hasil yang di harapkan dari penerapan teknik ini

 

  • 2. diskusikan mengenai topik-topik yang akan di bahas dan juga mengenai kriteria-kriteria yang di anggap cocok untuk menilai topik yang telah di pilih.

 

 

  • 3. buat matrixnya, letakkan topik-topik yang di bahs pada bagian kolom (kiri kekanan) dan kriteria-kriteria pada baris (atas kebawah)

 

  • 4. fasilitasi diskusi untuk memberikan nilai pada masing-masing kriteria dan jumlahkan untuk tiap topik

 

 

  • 5. catat proses diskusi dan alasan-alasan
Jumlah kriteria sebaiknya dibatasi, karena selain membuat penilaian menjadi lebih rumit juga akan membosankan. Terlalu banyak kriteria dapat mengaburkan penilaian. Seringkali pilihan menjadi tidak sesuai karena kriteria utama “dikalahkan” oleh beberapa kriteria yang tidak terlalu penting.

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

ANALISA GENDER

Peran, kedudukan & tugas utama laki-laki dan perempuan yang di terapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat perempuan dan laki-laki yang di anggap pantas menurut norma, adat istiadat, kepercayaan/kebiasaan masyarakat Ketidak adilan gender (ketimpangan gender) bisa terjadi pada laki-laki maupun perempuan.Menurut pengamatan di masyarakat, perempuanlah yang menjadi lebih banyak mengalami ketidak adilan gender atau ketertindasan karena jenis gender mereka. 

Aspek-aspek kajian gender meliputi  4 aspek yaitu :

  • 1. pembagian kerja perempuan dan laki-laki
  • 2. peluang dan penguasaan, perempuan dan laki-laki terhadap sumber daya
  • 3. partisipasi perempuan dan laki-laki dalam lembaga formal dan non formal
  • 4. pola pengambilan keputusan didalam keluarga

 

Tujuan jangka pendek yaitu tujuan praktis gender, adalah:

  • o penyadaran masyarakat tentang keadaan mereka di dalam berbagai aspek kehidupan , termasuk yang menyangkut perbedaan keadaan dan kedudukan laki-laki dan perempuan
  • o pengembangan program berdasarkan kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat

 

Tujuan jangka panjang yaitu : perubahan keadaan masyarakat (perubahan sosial) melalui peningkatan kesejahteraan dan taraf  hidup masyarakat yang disertai dengan penguatan kelompok perempuan sehingga ketimpangan gender bisa di kurangi atau dihilangkan. Artinya, pemberdayaan masyarakat pada umumnya dengan memperhatikan pemberdayaan kelompok wanita secara khusus

Pembagian kerja perempuan dan laki-laki, peluang dan penguasaan terhadap sumber daya antara laki-laki dan perempuan, partisipasi permpuan dan laki-laki dalam lembaga formal dan informal, pola pengambila keputusan di dalam keluarga
  • 1. semua teknik yang ada di cari analisa gendernya

 

  • 2. langkah-langkah pelaksanaannya seperti pada teknik yang di gunakan hanya saja analisa gendernya dicari pada setiap topik atau kriteria yang di bahas
 

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

BAGIAN ARUS MASUKAN DAN KELUARAN

Teknik PRA yang akan digunakan untuk mengkaji sistem-sistem  yang ada di masyarakat, jugaq menggambarkan input dan output serta hubungan antara bagian-bagian dalam sistem itu Untuk mengkaji suatu sistem , fungsi masing-masing sistem, serta hubungan bagian dalam sistem itu Untuk melihat kembali kondisi kehidupan mereka sendiri sebagai suatu keadaan yang saling berhubungan dalam suatu mekanisme tertentu, juga untuk memikirkan penyempurnaan dari sistem yang telah ada
  • o sistem pengelolaan perekonomian desa,
  • o pengelolaan air desa,
  • o pengelolaan usaha RT,
  • o pengelolaan kebun
  • o pengelolaan usaha kecil dan
  • o pemasaran dll.
Jelaskan maksud, tujuan dan proses diskusi. Tentukan sistem yang penting untuk di kaji berdasarkan masalah dan kebutuhan yang sedang di hadapi Diskusikan bagian-bagian dalam sistem itu

 

Diskusikan hubungan antara bagian sistem. Hubungan-hubungan

Mulailah dengan sistem yang sederhana, di kemudian hari di lengkapi dengan kajian yang lebih luas dan lebih rumit

 

   

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

KAJIAN MATA PENCAHARIAN

Teknik PRA yang akan di gunakan memfasilitasi diskusi mengenai jenis-jenis mata pencaharian dan aspek-aspeknya Untuk mengkaji ke;layakan kegiatan/mata pencaharian pada saat ini dan kemungkinan pengembangan kegiatan yang layak di masa yang akan datang
  • o jenis-jenis kegiatan atau keterampilan yang bisa/telah menjadi sumber mata pencaharian, baik pertanian maupun bukan pertanian
Terangkan maksud proses kegiatan. Ajak masyarakat mendiskusikan jenis-jenis mata pencaharian yang ada di desa (pekerjaan utama ) Jika bagan telah selesai, hasil di bahas kembali untuk dikoreksi dan catat masalah-masalah yang di hadapi serta potensi-potensi pengembangan usaha Biasanya jenis usaha di desa sangat beragam sehingga perlu disepakati jenis usaha yang dominan, usaha penting lainnya dan juga usaha yang baik untuk dikembangkan

 

  

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

ANALISA BIAYA USAHA TANI

Analisa sistem pengelolaan usaha, untuk melihat input (masukan) dan output (keluaran), dalam nilai uang. Analisa ini untuk memahami  kelayakan  suatu usaha secara lebih terperinci
  • o untuk menganalisa suatu sistem, fungsi masing-masing bagian dalamsistem itu, serta bagaimana hubungan antara bagian-bagian dalam suatu sistem

 

  • o untuk menganalisa kelayakan suatu sistem usaha, apakah usaha masyarakat layak atau tidak, apakah biaya pengolahan lebih besar dari pada manfaat/hasil dll
Sistem pengelolaan ekonomi desa, sistem pengelolaan air,sistem pengelolaan usaha rumah tangga, sistem pengelolaan kebun dan usaha kecil dll
  • 1. jelaskan maksud dan tujuan diskusi

 

  • 2. tentukan sistem yang penting untuk dianalisa berdasarkan kebutuhan yang dihadapi

 

  • 3. diskusikan mana diantara bagian-bagian tersebut yang menjadi input dan mana output

 

  • 4. berilah penilaian/perhitungan jumlah (langka) prakiraan untuk menilai keadaan usaha tersebut

 

  • 5. catat seluruh hasil diskusi dengan cermat
Dalam melakukan analisa biaya usaha dengan petani biasanya jumlah (angka) seringkali tidak di ketahui secara tepat, dan karena itu biasanya diperkirakan saja.

 

         

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

ANALISA JARINGAN TATA NIAGA

Analisa tentang perbedaan harga barang utama yang di hasilkan oleh petani dan saran produksi yang diperlukan serta harga pasar di konsumen juga membantu untuk menyadari betapa pentingnya penanganan pasca panen dan pengepakan dalam pemasaran Memberikan gambaran yang jelas pada masyarakat mengenai jaringan tata niaga maupun sarana produksi yang di  perlukan juga memberikan pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh barang yang dibutuhkan dan menjual barang yang di hasilkan denagn keuntungan yang maksimum Sangat membantu menggugah kesadaran masyarakat untuk penanganan pasca panen dan perlunya membentuk koperasi atau perkumpulan usaha yang menangani masalah pemasaran barang yang diperlukan dan yang akan di jual Jenis-jenis sarana produksi yang di perlukan menelusuri rantai perdagangan, jenis komoditi utama yang di hasilkan dan pemasarannya, lembaga perekonomian yang ada di desa, nama pedagang, tengkulak dan pemilik modal yang membantu petani dalam proses pemasaran
  • 1. jelaskan maksud dan tujuan diskusi

 

  • 2. diskusikan tentang harga rata-rata dari para petani, tengkulak, di pasar serta bila memungkinkan sampai di konsumen dari komoditi tertentu.

 

  • 3. informasi tentang harga dapat di gali dari wawancara dengan pedagang, tengkulak/penampung, serta perekonomian yang ada di desa

 

  • 4. buatlah diagram air barang dan penjelasan harga serta bentuk dan kegunaannya

 

  • 5. diskusikan tentang penanganan panen dan penjualan hasil mereka, serta hubungan dengan kecenderungannya di masa depan tentang komoditi yang akan di usahakanserta penangan pemasarannya

 

  • 6. catat hasil diskusi dan permasalahan yang ada
Penggalian harga sampai di konsumen memang sulit sehingga kita perlu ada informasi dari luar masyarakat desa

 

    

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

WAWANCARA SEMI TERSTRUKTUR

 

Alat penggalian informasi berupa tanya jawab yang sistematis tentang pokok-pokok tertentu. Sifatnya semi terbuka, artinya jawaban tidak di tentukan terlebih dahulu. Namun pembicaraan dibatasi oleh topik tertentu yang telah disiapkan dan disepakati bersama Tim PRA. Menggali berbagai informasi tentang keadaan sosial ekonomi dari berbagai segi bersama warga suatu rumah tangga,untuk mendapatkan suatu pengertian yang luas tentang keadaan berbagai rumah tangga. Mengidentifikasi jenis-jenis masalah dan kebutuhan masyarakat melalui pengumpulan data secara mendalam, sehingga terjadi pengkayaan pemahaman masalah-masalah sosial budaya dan ekonomi masyarakat Teknik ini untuk memperoleh informasi khusus, misalnya Profil Keluarga Perorangan atau Daftar Kegiatan sehari-hari.

  • o Profil keluarga : untuk mengetahui taraf kesejahteraan penduduk, pendidikan, serta harapan dan rencananya di musim depan
  • o Profil perorangan : gambaran keadaan seseorang yang dianggap mewakili suatu kelompok masyarakat tertentu. Seringkali profil perorangan dibuat pula tentang seseorang yang menjadi perkecualian, misalnya : yang berhasil dalam usahanya dan patut menjadi contoh oleh masyarakat
  • o Daftar kegiatan sehari-hari : gambaran kegiatan
  • 1. memilih rumah tangga yang akan di wawancarai cara memilih rumah tangga yang akan diwawancarai harus secar lengkap mewakili berbagai tingkat ekonomi, yaitu dari golongan mapu, sedang dan miskin

 

  • 2. menyepakati waktu bersama masyarakat yanga akan menjadi responden
Waktu wawancarai untuk satu topik jangan terlalu lama agar tidak terlalu membosankan

 

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

PENGORGANISIAN MASALAH

Mengorganisir masalah-masalah yang ditemui setiap teknik yang diterapkan Untuk mendapatkan beberapa masalah prioritas untuk dicarikan alternatif pemecahan masalahnya Masalah-masalah yang ada/ditemui dalam penerapan setiap teknik dalam PRA
  • 1. jelaskan tujuan proses kegiatan kepada peserta diskusi

 

  • 2. persiapkan bahan dan alat yang diperlukan
Penggalian masalah sebaiknya pada saat penerapan teknik PRA

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNIK

PENGERTIAN

TUJUAN DAN MANFAAT

INFORMASI YANG DIKUMPULKAN

LANGKAH PELAKSANAAN

SARAN

PENYUSUNAN RENCANA KEGIATAN

Perumusan tindakan nyata yang akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu dibuat dalam sebuah bentuk tulisan, sebagai pedoman untuk bekerja mengatasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat. Penyusunannya dibuat oleh masyarakat dalam sebuah kegiatan atau diskusi, sedangkan orang luar bertindak sebagai fasilitator dan narasumber untuk hal-hal yang perlu Untuk menghasilkan suatu rencana kerja yang nyata dan jelas yang dibuat menurut batasan waktu tertentu, sebagai pedoman untuk melaksanakan tindak lanjut yang benar-benar dapat dilaksanakan. Rencana kegiatan sebaiknya disusun secara sederhana, jelas dan wajar, dalam arti dapat dilaksanakan oleh masyarakat dengan dukungan dari berbagai lembaga yang mempunyai hubungan kerja dengan wilayah yang bersangkutan. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah merangkum hasil analisa masalah dan identifikasi alternatif penyelesaian masalah yang telah dilakukan sebelumnya. Kegiatan yang akan dilaksanakan dari waktu pelaksanaannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat dan juga dengan sumber daya yang tersedia di desa tersebut
  • 1. memilih masalah prioritas dan daftarkan kembali masalah-masalah prioritas tsb

 

  • 2. diskusikan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Satu masalah dapat dipecahkan dengan berbagai cara

 

  • 3. masyarakat diajak untuk memilih tindakan pemecahan masalah yang paling mungkin berdasarkan beberapa pertimbangan, misalnya : ketrampilan, jumlah tenaga kerja, waktu, modal, tempat dll

 

  • 4. diskusikan waktu pelaksanaannya dan juga masyarakat di ajak untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab dalam kegiatan yang di usulkan
Peserta sebaiknya orang-orang yang mengikuti kegiatan PRA sebelumnya Mengingat bahwa masyarakat seringkali membutuhkan informasi tambahan sebagai masukan dalam membuat perencanaan, maka pembuatan rencana kegiatan sebaiknya tidak dilakukan langsung, setelah tahap perumusan masalah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: