Tentang SLUICES Project

Pemanfaatan Lahan Gambut Berkelanjutan melalui Sistem Pengelolaan Lingkungan berbasis Masyarakat Inovatif

Durasi proyek:
36 bulan (15 Januari 2008-15 Januari 2011)

Tujuan Umum:
Memperbaiki mata pencaharian masyarakat marjinal, serta membatasi degradasi lingkungan dan emisi Co2 akibat kebakaran hutan dan degradasi lahan gambut

Tujuan Khusus:
Model pengelolaan tata air di lahan gambut (yang dapat direplikasi) dikembangkan untuk menopang mata pencaharian 1.800 KK di 9 desa,
sambil memelihara fungsi-fungsi ekologi

Pelaksana : Pelaksana Program ini merupakan kemitraan antara Care Indonesia , Yayasan Cakrawala Indonesia (YCI) dan Yayasan Cakrawala Hijau Indonesia (YCHI) dan di danai oleh European Commission

image005

Hasil Yang Diharapkan

Result 1

Masyarakat marjinal di 9 desa mengembangkan visi dan rencana pada tingkat desa / sub-basin tentang penggunaan lahan dan pengelolaan air, dengan penekanan pada mata pencaharian, lingkungan, dan gender. Mengintegrasikan kesiapan menghadapi dan menghindari bencana. Diharapkan mampu dicapai masyarakat dengan menyusun Rencana 5 Tahun tentang Penggunaan Lahan, Pengelolaan air dan Kesiapan dalam pencegahan bencana.

Result 2

Infrastruktur pengaturan air yang sederhana dipasang dan dikelola berdasarkan rencana masyarakat Dilakukan pengkajian atas dapak ekologi dan sosial-ekonomi dari pengelolaan muka air, kelayakan teknis dan hidrologi. Untuk tahap awal, berbagai kelompok masyarakat akan dibantu mendiskusikan berbagai rencana serta swadaya yang mereka miliki. Panitia Pengelola Air akan dibantu untuk merancang dan memasang media pengatur air sederhana.

Result 3

Lembaga-lembaga berbasis masyarakat telah berkembang di 9 desa dan pada tingkat sub-basin, serta memiliki hubungan dengan pemerintah untuk mengelola tata air.

Result 4

Masyarakat, lembaga-lembaga masyarakat dan stakeholders dari pihak pemerintah maupun masyarakat madani “memiliki kesadaran, pengetahuan, dan kemampuan untuk mengelola air secara inklusif”

Result 5

Suatu model pengelolaan sub-basin di lahan gambut yang berkelanjutan telah diidentifikasi dan dianjurkan sebagai suatu solusi agar dapat digunakan secara lebih luas kepada pemerintah daerah dan pusat.

Lokasi Project

img0013

Lokasi project Sluices ini terdiri dari 9 desa yaitu
Desa A1 (Lamunti Permai)
Desa A2 (Manyahi)
Desa A3 (Sekata Makmur)
Desa A4 (Sekata Kaladan Jaya)
Desa B1 ( Warga Mulya)
Desa B3 (Sriwidadi)
Desa C1 (Harapan Jaya)
Desa C2 (Sekata Bangun)
Desa C3 (Sari Makmur)
Ke 9 Desa tersebut merupakan desa transmigrasi yang berasal dari berbagai daerah di jawa dan transmigrasi lokal
%d bloggers like this: